KOTA TUA BANDUNG

 


KOTA TUA BANDUNG 

1. JL Asia Afrika.Bandung


Kepopuleran nama jalan itu memang begitu hebat. Pun cikapundung, sebagai nama salah satu sungai tenar di Kota Kembang. Boleh jadi, siapa saja yang diminta menunjukkan jantung Kota Bandung, mesti telunjuknya mengarah ke ruas Jalan Asia-Afrika.

Arus jalan itu cuma satu arah yang menuju ke Alun-alun Kota Bandung dan Masjid Raya Bandung Propinsi Jawa Barat. Di atas semua itu, Jalan Asia-Afrika Kota Bandung jadi saksi konferensi yang amat bersejarah, yang mempertemukan 29 negara se-Asia dan Afrika pada 18-24 April 1955.

Konferensi Asia-Afrika pertama tersebut terjadi di Gedung Merdeka yang berada di jalan tersebut. Konferensi membahas isu kedamaian dan kerjasama dunia yang dihadiri oleh delegasi negara se-Asia-Afrika, mewakili lebih dari setengah total penduduk dunia pada saat itu.

Sedikit mengenai Gedung Merdeka, pada awalnya dibangun menghadap ke jalan terkenal yang satunya di Kota Bandung, yaitu Jalan Braga. Namun, sejak renovasi pada 1921 , Gedung Merdeka praktis menghadap ke Jalan Asia-Afrika saat ini. Gedung Merdeka dulunya bernama gedung Societeit Concordia, tempat berkumpul dan berpestanya lapisan kelas atas Bandung.

2. Jalan Braga


Jalan Braga adalah nama sebuah jalan utama di kota Bandung, Indonesia. Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda.

Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.